, Menengok Cerita Persaingan Firefox, Chrome, dan Internet Explorer
Blog Ini paling bagus kalau dibuka dengan Firefox. Klik disini untuk mendownload Firefox versi terbaru

Menengok Cerita Persaingan Firefox, Chrome, dan Internet Explorer

Ditulis oleh Nightmare Syndrom on Sabtu, 26 November 2011

   Salah satu dari banyak persaingan tersengit di bidang teknologi selama 15 tahun terakhir adalah web browser untuk desktop. Sekarang, gaung persaingan web browser semakin terdengar keras, apalagi ketika pasaran web browser mulai merambah ke sektor smartphone.
   Netscape Navigator, browser yang paling awal terkenal, dirilis pada Oktober 1994. Saat itu, Netscape sudah mampu menampilkan teks dan gambar yang ada dalam website.
   Kurang dari setahun kemudian, Microsoft memasuki kehebohan web browser dengan membundling Internet Explorer kedalam Windows. Dalam dua tahun kemudian, Microsoft menjadi pengembang browser nomor wahid, sementara Netscape mengalami penurunan karena mendapat banyak ketidakpercayaan konsumen di Amerika Serikat dan Eropa.
   Pasaran web browser bergoncang lagi pada tahun 2004, saat Netscape terlahir kembali sebagai browser gratisan dengan nama Firefox, yang didistribusikan oleh Mozilla. Firefox kemudian menjadi favorit diantara para pengguna cerdas karena kecepatannya. Dan Firefox tetap menjadi musuh besar Internet Explorer sampai sekarang.
   Musuh baru ikut bergabung dalam arena ketika Google memperkenalkan browser open-source nya yang diberi nama Chrome pada tahun 2008. Chrome juga bersaing ketat dengan Internet Explorer dalam hal peningkatan kecepatan, dan munculnya penstandaran baru seperti HTML5.
Menurut laporan Maret 2010, IE8 dipertimbangkan sebagai browser terbaik karena fitur perintangan malware nya.
   Pada April 2010, Internet Explorer menguasai 60% dari semua pasaran Browser, diikuti dengan Firefox 25%, dan Chrome 7% (Netmarketshare.com)
Vendor mana yang akan memenangkan pertempuran? Mungkin tidak ada. Karena smartphone-smartphone terlaris saat ini menggunakan browser milik mereka sendiri. Symbian dari Nokia menggunakan browser mereka sendiri atau browser alternatif dari Opera Software. IPhone menggunakan Browser Safari Apple sendiri. OS Android menggunakan browsernya sendiri yang sudah mendukung Adobe Flash 10.1. Dan Blackberry telah memiliki browser baru dan unggul yang didapatkan dari akuisisi Blackberry atas Torch Mobile.

Mungkin persaingan ini akan tetap berlanjut bahkan bertambah keras di masa depan.

(NetworkWorld)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

pertamaxx

Posting Komentar

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah. komentar yang tidak sopan akan segera dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...